Tips Casting Mangar / Mangrove Jack

     
Ikan Mangar atau Kakap Bakau merupakan salah satu target casting  di muara,  tidak dapat dipungkiri, ikan yang juga di kenal dengan nama mangrove jack ini memiliki tarikan yang luar biasa. Berbeda dengan ikan predator muara lainya yang cenderung berada di permukaan air, ikan mangrove jack lebih sering menghabiskan waktunya di dasar air atau bersembunyi di balik bebatuan. Langsung saja berikut ini tips casting ikan mangrove jack.

Tips casting mangar     
Ketika casting mangrove jack gunakan joran fast tapper dan heavy untuk mengimbangi kekuatan ikan. Joran dengan panjang 180cm-210 cm sangat cocok untuk casting di sungai ataupun muara sungai. Selain lemparan umpan palsu bisa jauh, joran dengan panjang tersebut akan memudahkan saat menghajar ikan yang lari kearah bebatuan. Dianjurkan menggunakan joran yang lebih pendek jika spot terdapat banyak pohon atau hutan bakau.


Untuk casting ikan yang lebih akrab di panggil mangar ini dianjurkan menggunakan rell dengan ukuran 2000. walaupun setiap merk rell memiliki standar yang berbeda beda, tetapi pada umumnya ukuran 2000 sudah cukup untuk mengatasi perlawanan ikan dan juga tidak terlalu besar. Ukuran reel yang besar dan berat akan memiliki efek cepat lelah di tangan saat casting mangar. Reel pancing yang berukuran kecil akan sulit untuk mengimbangi perlawanan ikan mangar berukuran besar.

Gunakan Pe 2 dan dengan leader monoline berukuran 0.40- 0.50mm. Ukuran senar yang terlalu kecil memiliki resiko putus yang besar. Mengingat habitat ikan ini di bebatuan dan di akar pohon bakau. Seringkali ikan mangar akan langsung menuju tempat persembunyianya di bebatuan atau pepohonan, di resiko putuspun amat besar jika senar atau kenur yang digunakan terlalu kecil.

Jenis lure yang direkomendasikan untuk casting ikan mangrove jack adalah jenis minnow. Minnow merupakan umpan buatan yang biasanya terbuat dari kayu atau plastik yang dibentuk menyerupai ikan dan terdapat lidah/lips yg berfungsi agar umpan buatan dapat berenang kedalam air dan bergerak seperti ikan. Mengingat ikan mangar lebih sering menghabiskan waktu di dasar air.

Pilihlah minnow tipe singking atau yang  dapat menyelam cukup dalam dengan slow retrieve atau cukup dengan ditarik perlahan.  Biasanya atau ciri minnow yang di sukai ikan mangar memiliki lips/lidah yang  panjang.   Ukuran minnow tergantung besar target ikan mangar 5-9 cm, direkomendasikan ukuran 7cm

    Retrieve minnow pelan, sesuai karakter ikan mangrove jack yang malas, tidak suka mengejar mangsa terlalu jauh dari sarang. Retrieve searah atau menyusuri karang atau bebatuan di sungai(hati hati resiko tersangkut sangat besar) alangkah baiknya gunakan minnow dengan harga murah terlebih dahulu untuk survey spot tersebut.  Ikan mangar juga sering bersembunyi di balik kayu atau akar pohon. Anda dapat melempar lure disekitarnya.

Waktu yg paling bagus adalah ketika matahari terbit dan matahari terbenam. pada jam jam tersebut ikan mangrove jack aktif mencari mangsa. Tidak jarang ikan mangrove jack naik keatas permuakaan air mengejar mangsanya pada saat saat tersebut. Ketika siang hari ikan mangar lebih sering bersembunyi dan jarang sekali mau menghajar umpan yang kita.

Selain itu, ikan ikan mangrove jack juga akan keluar sarang ketika air angkat pasang maupun angkat surut.


Spot favorit mancing mangrove jack saya di Yogyakarta adalah muara sungai Serang di Glagah, dan muara sungai Bogowonto di Congot.

0 Response to "Tips Casting Mangar / Mangrove Jack"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *