Tips Memancing Ikan Gatho

Ikan bawal bintang atau lebih akrab dengan nama gatho merupakan target utama dan favorit para pemancing pasiran di Yogyakarta. Salah satu alasanya adalah karena ikan gatho memiliki tenaga yang sangat kuat. Selain tenaga ikan gatho yang sangat kuat, gigi dan anggota badan ikan gatho tidak ada yang tajam, sehingga sangat memungkinkan mancing ikan gatho menggunakan Light tackle atau peranti mancing kelas ringan. Walaupun tidak jarang senar putus oleh ikan ini , tetapi itu murni karena tenaga ikan yang kuat.

selain itu, rasa daging ikan gatho juga terkenal sangat lezat, tak heran jika ikan gatho dijual dengan harga cukup mahal di pasaran.

tips memancing gatho
Andy SG bersama Ikan Gatho hasil tangkapanya
Umpan yang paling efektif untuk ikan gatho adalah undur undur atau juga sering disebut yutuk. Gunakan undur undur klathak  untuk target ikan besar, karena jika memakai undur undur  genjuri atau undur undur bertubuh lunak akan habis dimakan ikan ikan kecil sebelum target yaitu ikan gatho berukuran besar memakannya.

Ikan gatho bukanlah jenis ikan dasar, jadi rangkaian engkle atau renteng panjang sangat cocok untuk mancing ikan gatho. Tetapi untuk ikan gatho babon berukuran besar, rangkaian engkle lebih efektif.
Untuk mancing ikan gatho, senar dengan ukuran 0.25 mm - 0.33mm sudah cukup untuk senar utama. Untuk leader gunakan senar yang sedikit lebih besar di dibanding senar utama, yakni antara 0.28 mm sampai 0.50 mm. Gunakan kail dengan ukuran di atas 7, jika ukuran kail terlalu kecil, ikan gatho dapat dengan mudah melepaskan diri. Selain itu jika umpan disambar ikan berukuran besar, kail juga berpotensi bengkok atau patah.

Ukuruan senar tidak mutlak dan sesuai selera anda. Saya sendiri memakai monoline 0.25 mm dengan leader 0.28 mm dan kail ukuran 8-10.  Saya menyukai senar dengan diameter kecil karena tidak mudah terbawa arus dan angin.

Memancing lah di area lebeng yang dalam dan berarus. Ikan gatho menyukai perairan yang berarus, Jadi jika air laut tenang dan tidak berarus maka sangat jarang ditemui ikan gatho. jadi jika air laut. Terkadang ikan gatho juga berenang ke daerah plataran, yakni ketika air pasang sehingga plataran berarus dan cukup dalam untuk berenang ikan gatho.

Sebenarnya untuk memancing ikan ini tidak perlu melempar umpan terlalu jauh, karena ikan gatho biasanya mencari makan di dekat garis pantai ketika air pasang.
Perlu diketahui, ikan gatho aktif mencari makan pada siang hari. Ikan gatho sangat sulit untuk dipancing pada malam hari. Walaupun pada saat bulan purnama ikan gatho keluar untuk mencari makan, tetapi potensi untuk strike tidak sebesar pada siang hari. 

intinya ikan gatho hanya aagresif jika ada cahaya. pada saat cuaca mendung, nafsu makan ikan gatho juga berkurang. Begitu juga ketika air keruh, sangat sulit untuk mancing ikan gatho.

kondisi air juga sangat mempengaruhi ikan favorit para pemancing ini. Memancinglah ketika air sedang pasang. Ikan ini akan aktif ketika air angkat pasang sampai dengan air angkat surut.




0 Response to "Tips Memancing Ikan Gatho"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *