Tips Memancing Ikan Hampala / Palung


Ikan Hampala atau juga di kenal dengan nama ikan palung merupakan ikan predator air tawar yang sangat populer di kalangan para pemancing. Ikan ini hidup di sungai sungai di Indonesia termasuk sungai sungai di yogyakarta. ikan hampala cenderung hidup berkelompok dan menyukai sungai dangkal dengan arus deras.  

Makanan ikan hampala antara lain udang, cacing, ikan kecil, ulat dan cacing. Tetapi umpan yang efektif untuk memancing ikan ini adalah udang hidupdan anakan ikan. Bahkan ikan gabus dapat digunakan sebagi umpan mancing ikan hampala. Umpan ikan yang sudah mati tidak disukai ikan hampala.

Untuk memancing ikan hampala gunakan senar yang cukup kuat. Kenapa? Karena ikan hampala terkenal memiliki tenaga cukup kuat.Tidak jarang senar putus, kail bengkong atau patah bahkan minnow sampai patah di terkam ikan ini.

Sebenarnya hampir segala jenis umpan tiruan cocok untuk jenis ikan ini. Mulai dari spoon, minnow, wtd, swimmer, popper sampai dengan flys akan disambar oleh ikan hampala. Tetapi dari beberapa jenis umpan tersebut spoon yang paling efektif untuk memancing hampala berukuran kecil sampai ikan Hampala berukuran sedang. Untuk hampala berukuran sedang sampai besar umpan tiruan jenis pencil dengan action wtd dan popper yang paling efektif. Saya sendiri lebih suka menggunakan popper untuk menggoda babon ikan hampala.

Jika menggunakan umpan minnow, mainkan minnow  dengan action acak acakan untuk menarik perhatian ikan hampala. Yaitu dengan menghentak hentakan joran secara tidak beraturan. Bahkan beberapa pemancing memotong sebagian lidah atau lips dari minnow mereka agar Action dari minnow menjadi tidak beraturan.

Pilihlah spot dengan arus deras. Karena ikan hampala cenderung kurang agresif di air tenang. Lempar dan retrieve umpan di dekat bebatuan, karena ikan biasanya bersembunyi dan mencari makan di sana. Di sungai yang cukup dalam biasanya ikan Hampala memang lebih susah untuk di pancing, akan tetapi ikan Hampala yang mendiami spot tersebut cenderung berukuran besar.

Untuk peralatan casting, gunakan joran 160-210cm menyesuaikan spot anda memancing ikan Hampala. Gunakan rel dengan kurang lebih ukuran 1000 dengan senar braided atau senar PE Noer 1 sampai 2. Sebenarnya tidak ada aturan yang mengikat untuk alat dalam memancing hampala. Hal ini tentunya sesuai selera pemancing.

Bagi yang suka ultralight bisa mengguna kan peralatan lebih kecil. Yakni dengan joran maksimal 6 lb dan ukuran reel antara 200 hingga seribu. Senar PE atau braided line yang digunakan pun berukuran kecil yakni antara PE 0.6 hingga PE 1.
Tips Memancing Ikan Hampala / Palung
Marwan dan Ikan Hampala

Spot mancing ikan hampala di Jogja antara lain sungai Gajahwong, Sungai Code, Sungai Progo, sungai Serang , sungai Papah, dan masih banyak lagi.

di samping ini merupakan foto ikan hampala hasil pancingan teman saya Marwand, yang merupakan seorang pemancing hampala dari Jogja.


0 Response to "Tips Memancing Ikan Hampala / Palung"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *