Cara Mancing Ikan Mas / Ikan Tombro

mancing ikan tombro sungai
tombro Majalaya
Ikan mas atau juga sering disebut ikan tombro memang menjadi primadona para pemancing kolam maupun sungai. Bukan hanya karena tarikan ikan mas yang memiliki sensasi tersendiri, tetapi juga karena warna dari ikan mas yang cantik serta rasanya yang lezat membuat ikan ini banyak diburu. Jika anda mencari cara memancing ikan mas/ tombro, mari simak artikel berikut ini.

Ikan mas atau tombro bukan lah ikan asli Indonesia, ikan mas masuk indonesia pada tahun 1920an. Ikan mas memiliki banyak nama dan banyak jenisnya. Ikan mas dikenal dengan nama ikan tombro, ikan ameh, ikan kancra, ikan tikeu, dan ikan raja. Jenis ikan mas yang paling terkenal diantara para pemancing adalah ikan mas majalaya. Selain tarikanya yang memberikan sensasi yang wah, ikan mas majalaya juga lebih sulit di pancing dibanding dengan jenis ikan mas lainya.


Memancing ikan mas memang membutuhkan kesabaran. Terutama memancing ikan mas besar, terkadang ikan ini terlihat berenang ke sana kemari tetapi tidak makan umpan. Untuk mengatasi  ikan mas yang tidak mau makan memang dibutuhkan waktu, teknik dan umpan yang tepat.

Ya itulah memancing, dibutuhkan kesabaran. Terutama jika memancing ikan yang sensitif seperti ikan mas atau ikan tombro.


Untuk memancing ikan mas sebaiknya menggunakan joran yang lentur dan dilengkapi dengan rel. Ikan mas sangat sensitif terhadap senar, jadi besar senar sangat mempengaruhi ikan. Semakin besar senar semakin ikan tidak mau makan. Jadi sebaiknya anda menggunakan senar berukuran di bawah 0.18mm. Karena menggunakan senar kecil maka rel memiliki peran untuk menampung senar yang panjang. Jadi jika umpan di makan oleh ikan tombro babon alias besar kita bisa menghajarnya sampai lemas.

Untuk umpan anda dapat menggunakan umpan sulur yang bisa anda baca di sini. Anda juga bisa menggunakan umpan ikan mas alami yang anda dapat baca di sini. Dan saya sangat merekomendasikan umpan racikan ikan mas yang bisa anda baca disini.

Gunakan pelampung, karena ikan ini bukan tipe ikan dasar. Atur kedalaman umpan sesuai kondisi air dan kedalaman ikan berenang. Ikan mas sangat jarang berenang di dasar air. Atau anda bisa tidak menggunakan pelampung yaitu dengan menahan senar dengan jari anda. Dan rasakan getaran senar ketika umpan disentuh oleh ikan mas. Cara ini memang lebih susah akan tetapi memiliki sensasi yang wah.


Mancing ikan mas di alam liar memang lebih mengasikan di banding mancing ikan mas di kolam. Akan tetapi mancing ikan mas di alam liar seperti di rawa, sungai maupun danau tidak semudah mancing di kolam. Mungkin anda akan di buat jengkel oleh ikan mas atau ikan tombro yang berkeliaran, berenang kesana kemari tidak mau memakan segala jenis umpan racikan yang kita berikan. Kalu sudah begitu anda sebaiknya mencoba umpan ikan mas alami.



0 Response to "Cara Mancing Ikan Mas / Ikan Tombro"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *