Mancing Karangan atau Rockfishing

Mancing karangan atau rockfishing merupakan istilah memancing dari atas tebing atau bukit ditepi laut. Tehnik ini sangat digemari para pemburu ikan monster  di  Yogyakarta. spot spot karangan dapat kita jumpai di sepanjang pantai gunung kidul. memancing karangan sangat identik dengan spot yang extream, terjal, dan IKAN MONSTER atau ikanya besar besar.

Mancing karangan memang memiliki tantangan tersendiri. Dulu untuk memancing rockfishing identik dengan perjalanan yang jauh melintasi bukit, jalanan yang terjal dan pot pot yang menakutkan. Namun, sekarang walau pun pot pot potensial masih sulit dijangkau atau memiliki tantangan tersendiri untuk mencapainya tetapi akses menuju spot spot  memancing karangan tertentu sudah memiliki akses yang sangat mudah. Misalnya pantai Wohkudu, Tanjung Kesirat dan Pantai Gesing di Gunung Kidul.
rock fishing, rockfishing karangan
pantai Kesirat, salah satu spot mancing karangan di Gunung Kidul, 

Untuk memancing  rockfishing di butuhkan keberanian dan stamina yang kuat. Dimana kita memancing dari ketinggian. Tidak disarankan bagi pemancing yang fobia ketinggian.

Untuk tehnik casting sangat disarankan untuk mencari spot dengan ketinggian rendah yaitu dibawah Bima meter. Sangat sulit untuk memainkan umpan palsu dari ketinggian lebih dari lima meter.

Untuk joran anda dapat menggunakan joran The Heavy atau kaku dengan panjang 3,9 m – 4,5m. Khusus untuk casting lebih efektif menggunakan joran 3,6 m. Agar tangan tidak mudah lelah dan dapat melempar umpan palsu dengan jauh. Pilihlah joran tipe patah tiga/stick  bukan tipe antena. Joran model stik atau patahan cenderung lebih kuat di banding joran tipe antena.

Untuk rel gunakan ukuran minimal 5000. Semakin besar semakin baik agar dapat menampung senar panjang. Di mana ketinggian tebing bisa lebih dari 100 m jadi diperlukan senar yang panjang. Khusus untuk casting gunakan rel ukuran 5000-6000 saja, agar tidak terlalu berat. Jika anda mennggunakan teknik dasaran atau ngambang bisa menggunakan reel diatas ukuran 10.000. Jadi dapat menampung senar dengan ukuran diameter besar dan panjang.

Anda dapat menggunakan monoline dengan ukuran diatas 0.50mm. tetapi saya sarankan untuk menggunakan senar PE dengan ukuran minimal PE 4. Jika anda akan berburu ikan berukuran besar sangat disarankan untuk menggunakan PE 8.

Untuk pemberat disesuaikan dengan spot. Tetapi lebih baik gunakan batu yang dibungkus plastik karena rawan tersangkut. Jadi anda dapat menghemat anggaran memancing. Selain itu anda dapat menggunakan kambangan/pelampung untuk target selain ikan dasar, seperti GT,Layur dan tenggiri.

Untuk target ikan kecil anda dapat menggunakan udang atau potongan cumi-cumi sebagai umpan. Untuk target ikan besar atau monster umpan yang sering digunakan pemancing antaralain ikan tongkol, kembung, cumi-cumi. Ikan air tawar seperti ikan gabus dan ikan lele juga dapat diguanakan sebagai umpan.


Peralatan tambahan yang diperlukan dan sangat penting adalah coolbox  dan jangkar. Coolbox berfungsi agar umpan awet, karena jika umpan busuk kurang efektif. Sedangkan jangkar berfungsi untuk mengangka ikan dari Ketinggian. Jangan lupa gunakan tali yang kuat untuk dipasangkan ke jangkar.

0 Response to "Mancing Karangan atau Rockfishing"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *